SMA Negeri 1 Kudus

  • sma1kds@yahoo.co.id
  • (0291) 431368
  • RSS
Tim KIR SMAN 1 Kudus Meraih 2 Perak dan 2 Perunggu dalam INASEC 2019

 

Danpriva & co AMETHYST
Pentacool AMRETASRANTI

 

Empat tim dari ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1Kudus mengikuti kompetisi ilmiah selama 12 jam penuh untuk memberikan solusi terhadap masalah dunia dan bagaimana solusi tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sebuah kesempatan usaha. Kompetisi yang diikuti tersebut adalah INASEC 2019. Seperti yang dikutip dari lamannya, Indonesia National Science Enterprise Challenge (INASEC) merupakan kompetisi ide bisnis selama 12 jam untuk siswa sekolah menengah. INASEC bertujuan untuk mendorong kewirausahaan kaum muda dan mengembangkan pengetahuan dan pengalaman mereka tentang usaha. Ini memberikan peluang di mana tim siswa sekolah menengah dari seluruh dunia menantang untuk menyelesaikan masalah global yang signifikan melalui gagasan perusahaan yang inovatif dan berkelanjutan.

INASEC 2019 memiliki tantangan "develop product/service to reduce waste plastic straws" dimana siswa ditantang untuk mengembangkan suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk mengurangi sampah sedotan plastik. Hal ini diangkat dari isu yang sedang hangat saat ini, yaitu tentang masalah sampah plastik yang mencemari lautan hingga tahap sedemikian parah. Sedangkah sedotan plastik sendiri merupakan masalah karena setiap kali seseorang memesan minuman maka sampah sedotan plastik ini akan bertambah.

Tim Dapriva & co yang beranggotakan Ardan Chrisyurfa, Dimas Naufal Al Ghifari, Mikhaella Pritananda Anughrayasa, Ryza Sativa, dan Latifa Dinar Haritsa dengan solusi Waste-Yum-nya berhasil meraih medali perak. Medali perak juga diraih oleh Tim Amethyst dengan PLASTIC-BRICK STRAW. Tim ini digawangi oleh Ayesha Adhwa' Fatima Setiawan, Diki Fakhrizal, Shelly Ardila, Ilham Ananta, dan Pramudya Evita Sefiola.

Dua tim yang lain meraih medali perunggu, yaitu tim Pentacool dengan solusi TFM Strawnya dan tim AMRETASRANTI dengan S.O.S as Helpful Device to Save Our Ocean. Tim Pentacool ini beranggotakan Aloisius Yonathan Prakoso, Hasna Pramesti Dewandari, Marshell Dimas Aditya, Minandi Utama, dan Muhammad Yusuf sedangkan tim AMRETASRANTI digawangi oleh Hammam Abdirrazzaq A.T., Melati Alya Putri Irawan, Moch. Pawase Azuardi, Muhammad Najmi Hafiy, Selsa Octovia.

Selamat dan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berjuang dan mengharumkan nama SMAN 1 Kudus.

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT