SMA Negeri 1 Kudus

SMA Negeri 1 Kudus

Bersama SMA 1 Kudus Meraih Prestasi

  • sma1kds@yahoo.co.id
  • (0291) 431368
  • RSS
Dua Tim KIR SMAN 1 Kudus Meraih Dua Medali pada OPSI 2019

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) menjadi wahana pengembangan dan kompetisi yang bertujuan memotivasi siswa dalam meneliti dan mengembangkan penelitian agar bermanfaat bagi khalayak. Melalui tagar #menelitiituseru, OPSI  memberikan pesan bahwa meneliti adalah aktivitas yang menyenangkan. Pada tahun ini Kota Surakarta mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan OPSI 2019 yang diselenggarakan selama 6 hari pada tanggal 14-19 Oktober 2019.

Selama 11 tahun OPSI berlangsung, pada penyelenggarannya tahun 2019 di Solo, tercatat 106 karya penelitian dan 201 finalis lolos seleksi ke tingkat nasional. Para finalis yang terpilih ini, merupakan hasil seleksi ketat 2.510 dan 1.214 naskah penelitian tingkat SMA/MA yang masuk. Jumlah ini mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding tahun lalu. Sebagai gambaran Kasubdit Peserta Didik Dit.PSMA, Juandanilsyah memaparkan, pada tahun lalu antusiasme peserta yang mengikuti OPSI mencapai 1.593 penelitian dari 30 provinsi, jumlah SMA yang terlibat 275 SMA dan 55 Madrasah Aliyah darijumlah tersebut tersaringlah 105 naskah terbaik dari 199 siswa.

Pada kompetisi ini SMAN 1 Kudus berhasil meloloskan dua tim menjadi finalis OPSI 2019 setelah bersaing dengan ratusan karya dari siswa-siswi seluruh Indonesia. Setelah bersaing ketat dengan 199 finalis lainnya melalui sesi pameran dan presentasi karya penelitian kedua tim dari SMAN 1 Kudus berhasil meraih dua medali dari 27 medali yang diperebutkan pada OPSI tahun ini. Muhammad Najmi Hafiy dan Diki Fakhrizal mendapatkan medali perunggu pada bidang ISH (Ilmu Sosial dan Humaniora) sedangkan Dimas Naufal Al. G dan Hammam Abdirrazaq Ats-tsaqif mendapatkan medali perak pada bidang MST (Matematika, Sains, dan Teknologi). Tim dari SMAN 1 Kudus ini bersama dengan peraih medali yang lain berkesempatan untuk mengikuti tahap pembinaan dan seleksi diikutsertakan pada kompetisi penelitian tingkat internasional tahun 2020.

Keberhasilan tim dari SMAN 1 Kudus ini tidak lepas dari peran bapak-ibu guru pembimbing ekstra kurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) dalam memberikan arahan untuk mengolah dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah melalui metode ilmiah. Hal ini juga membuktikan bahwa nama SMAN 1 Kudus tetap dapat bersaing di kancah nasional. Untuk meningkatkan minat siswa dalam melakukan penelitian ilmiah, anggota ekstrakurikuler KIR SMAN 1 Kudus diajak untuk menyaksikan pameran karya penelitan para finalis OPSI 2019 di Surakarta selama penyelenggaran OPSI 2019 kemarin. Harapannya adalah semakin banyak siswa SMAN 1 Kudus yang berminat memberikan solusi dan pemecahan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari melalui riset ilmiah dan memberikan dampak positif yang nyata kepada masyarakat.

Terima kasih kepada siswa-siswi yang tidak henti-hentinya mengharumkan nama SMAN 1 Kudus pada berbagai bidang. Tak lupa pada bapak-ibu guru yang selalu dengan sabar membimbing dan mengarahkan putra-putrinya untuk meraih prestasi terbaik pada bidang yang sesuai dengan bakat minat mereka.

Semoga SMAN 1 Kudus selalu jaya!

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT